Pengertian UVP dan USP?
UVP adalah nilai atau value dari keunikan yang dimiliki oleh suatu product/service sehingga membuat konsumen mengkonsumsinya tanpa berfikir panjang. Sedangkan USP adalah faktor yang dimiliki product/service yang menjadikannya unik dan memiliki keunggulan dibandingkan kompetitornya. Sebagai pembisnis, anda harus menentukan UVP dan USP untuk memudahkan proses pemasaran pada bisnis anda. Bagaimana cara agar product/service anda mudah dipasarkan? Caranya adalah dengan menentukan USP dan UVPnya.
Cara menentukan USP
- Posisikan dirimu sebagai konsumen, selalu gunakan kacamata konsumen dalam menilai product/service yang kamu miliki. Hal ini dimaksudkan untuk mengikuti perkembangan dan perubahan dari perilaku mereka.
- Ketahui pola pikir dan kemampuan dalam "membeli" mereka. Gunakan berbagai macam cara untuk menganalisis perilaku konsumen, seperti interview, focus group discussion, questionnaire dan survey.
- Ketahuilah alasan mengapa konsumen menggunakan produk/service kamu. Kamu mempunyai kesempatan untuk meminta pendapat mengenai produk dan layanan anda untuk meningkatkan performa bisnis.
Setelah menentukan USP, pastikan produk/layanan anda juga memiliki UVP. Tentukanlah keunggulan apa yang bisnis kamu miliki untuk di jadikan UVP yang membuat customer akan menggunakan product/jasamu tanpa pikir panjang. Pada akhirnya kombinasi USP dan UVP akan menjadikan product/servicemu mudah dipasarkan & mendatangkan konsumen yang loyal. mereka akan mengkonsumsi produk dan layanan anda sebab mereka merasa bahwa mereka meneruma value yang lebih besar di bandingkan dengan apa yang mereka keluarkan.
0 komentar:
Posting Komentar