Cara menentukan USP dan UVP

| Rabu, 12 November 2014

Di dalam dunia bisnis, banyak sekali istilah-istilah yang perlu diketahui seperti istilah UVP (Unique Value Proporsition) dan USP (Unique Selling Proporsition).

Pengertian UVP dan USP?

UVP adalah nilai atau value dari keunikan yang dimiliki oleh suatu product/service sehingga membuat konsumen mengkonsumsinya tanpa berfikir panjang. Sedangkan USP adalah faktor yang dimiliki product/service yang menjadikannya unik dan memiliki keunggulan dibandingkan kompetitornya.  Sebagai pembisnis, anda harus menentukan UVP dan USP untuk memudahkan proses pemasaran pada bisnis anda. Bagaimana cara agar product/service anda mudah dipasarkan? Caranya adalah dengan menentukan USP dan UVPnya.


Cara menentukan USP

  1. Posisikan dirimu sebagai konsumen, selalu gunakan kacamata konsumen dalam menilai product/service yang kamu miliki. Hal ini dimaksudkan untuk mengikuti perkembangan dan perubahan dari perilaku mereka.
  2. Ketahui pola pikir dan kemampuan dalam "membeli" mereka. Gunakan berbagai macam cara untuk menganalisis perilaku konsumen, seperti interview, focus group discussion, questionnaire dan survey.
  3. Ketahuilah alasan mengapa konsumen menggunakan produk/service kamu. Kamu mempunyai kesempatan untuk meminta pendapat mengenai produk dan layanan anda untuk meningkatkan performa bisnis.
Setelah menentukan USP, pastikan produk/layanan anda juga memiliki UVP. Tentukanlah keunggulan apa yang bisnis kamu miliki untuk di jadikan UVP yang membuat customer akan menggunakan product/jasamu tanpa pikir panjang. Pada akhirnya kombinasi USP dan UVP akan menjadikan product/servicemu mudah dipasarkan & mendatangkan konsumen yang loyal. mereka akan mengkonsumsi produk dan layanan anda sebab mereka merasa bahwa mereka meneruma value yang lebih besar di bandingkan dengan apa yang mereka keluarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲

Welcome In Creating Website

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Pencet Sini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!